Selasa, 24 April 2018

Media Pembelajaran Power Point


Media berasal dari bahasa Latin, yang secara harfiah berarti perantara atau penyalur. Artinya “media merupakan wahana penyalur pesan atau informasi”. Oemar Hamalik mengungkapkan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan tehnik yang digunakan untuk lebih mengefektifkan kembali komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan penyalur materi pembelajaran kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. 

Media pembelajaran yang sering digunakan di sekolah-sekolah adalah media pembelajaran powerpoint. Media ini dianggap paling efektif karena selain mudah dalam penggunaannya juga mudah dalam pembuatannya. Namun demikian perlu diingat bahwa penggunaan media powerpoint harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
1) Memperjelas informasi atau pesan pengajaran 
2) Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting 
3) Memberi variasi pengajaran 
4) Memperjelas struktur pengajaran 
5) Memotivasi proses belajar siswa. 

Selain itu penggunaan media pembelajaran powerpoint juga perlu memperhatikan aspek-aspek seperti : 
a. Relevan dengan tujuan kurikulum 
Media pembelajaran yang baik isinya harus sesuai dengan kurikulum dan benar-benar bisa membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. 

b. Memberi sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi yang ingin dicapai. 
Media pembelajaran dimanfaatkan untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Materi pelajaran yang disampaikan melalui media pembelajaran secara substansi harus memuat standar kompetensi yang memadai. 

c. Dapat membangkitkan minat siswa 
Media pembelajaran berguna untuk menarik minat siswa terhadap yang disajikan. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat siswa. 

d. Menarik 
Media pembelajaran yang baik adalah tehnik sajianya yang menarik. Salah satu fungsi untuk media pembelajaran adalah mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan visual yang di tampilkan atau menyampaikan teks materi pelajaran. 

e. Mudah dipahami siswa 
Media pembelajaran yang baik adalah isi sajianya mudah dipahami oleh siswa. 

f. Menggunakan efek suara 
Penggunaan gambar lebih menarik dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang lebih berguna. 

g. Menggunakan animasi Animasi merupakan deretan gambar yang berurutan dan dapat dilihat oleh mata kasar manusia dalam bentuk pergerakan. Animasi menjelaskan sebuah materi atau memberikan ilustrasi konsep dalam bentuk simulasi atau aktivitas. 

h. Ada feed back 
Salah satu pertimbangan dalam mengembangkan media pembelajaran adalah adanya umpan balik. Hasil belajar dapat meningkatkan apabila secara berkala kepada siswa diinformasikan kemajuan belajarnya. Pengetahuan tentang hasil belajar akan memberikan sumbangan terhadap motivasi belajar berkelanjutan. Dalam media pembelajaran berbasis multimedia, visualisasi pesan, informasi, atau konsep yang ingin disampaikan kepada siswa merupakan bagian yang sangat penting. Penataan elemen-elamen visual harus dapat menampilkan visual yang dapat dimengerti, terang/dapat dibaca, dan dapat menarik perhatian sehingga mampu menyampaikan pesan yang diinginkan oleh penggunanya. 

Dalam proses penataan ini harus diperhatikan prinsip-prinsip desain tertentu, antara lain : 
a)  Kesederhanaan 
b)  Keterpaduan 
c)  Penekanan 
d) Keseimbangan 

Demikian secara singkat aturan dalam membuat power point yang saya sadur dari beberapa sumber, semoga dapat dijadikan bahan acuan dalam membuat power point yang baik. Untuk lebih detail cara membuat media pembelajaran Power Point, salah satunya anda dapat mengunjungi http://mamguru-smadda.blogspot.co.id/2012/07/membuat-presentasi-interaktif-dengan.html

0 komentar:

Posting Komentar